Kepala Desa Karang Anyar

Kepala Desa dan Sekretaris Desa Karang Anyar

Bupati Bangkalan

Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan

Penyuluhan Pupuk Organik Cair

Aparatur Desa Karang Anyar

Malam Puncak Perpisahan

Dosen Pembimbing dan Koordinator Desa

Pelatihan Nugget Rebung Bambu

Warga Desa Karang Anyar

TERBARU
Loading...

SEJARAH DESA KARANG ANYAR

Posted by moh imam al-gazali Jumat, 27 Januari 2017 0 comments
Menurut para tokoh masyarakat setempat di  desa Karang Anyar sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Nama desa Karang Anyar memiliki arti dari kata Karang yang berarti lingkungan sedangkan Anyar berarti baru jika di gabungkan arti nama desa Karang Anyar adalah lingkungan baru. Desa Karang Anyar sebgaian besar wilayahnya masih berupa persawahan, hutan, dan pekarangan yang subur dengan tanaman yang bisa menjadi sumber daya alam untuk masyarakatnya.

Desa karang anyar memeiliki empat dusun, yakni dusun Paser, dusun Gerpaoran, dusun Lonnangkah, dan dusun Mangungan. Kepala desa pertama Karang Anyar yakni bapak Kariman, beliau mempimpin desa Karang Anyar sejak penjajahan zaman Belanda. Setelah bapak Kariman meninggal dunia beliau digantikan oleh bapak Meden yang mana bapak Maden masih merupakan sanak familly . Kepemimpinan bapak Maden ini berlangsung 8 periode atau 40 tahun memimpin desa Karang Anyar. Setalah itu kepemimpinan diteruskan oleh bapak H. Hapsin dimana bapak H. Hapsin ini kepemimpinannya juga berlangsung lama yakni hampir 7 periode atau 33 tahun. Pada tahun 2011 kepemimpinan bapak H. Hapsin digantikan oleh bapak M. Rofi’i dimana kepemimpinan bapak M. Rofi’i berlangsung sampai sekarang. Dalam kepemimpinannya bapak M. Rofi’i dibantu oleh kepala dusun yang ada di Karang Anyar. 

Menururt tokoh dusun setempat, dusun Paser diberi nama tersebut karena tanah pada dusun ini merupakan tanah pasir. Pasir ini berasal dari tepi pantai yang berada dekat dusun paser.

Sejarah dusun Lonnangkah sudah ada dari sejak dulu, menurut sumber yang kami wawancarai yakni bapak Tohir selaku kepala dusun Lonnangkah. Menurut beliau nama dusun Lonnangkah berasal dari kata Lon yaitu talon yang artinya sawah/kebun dan nangkah=buah nangka jadi sebutan dari dusun Lonnangkah adalah dusun yang memiliki potensi buah nangka yang banyak. Pohon nangka banyak tumbuh di dusun ini entah itu dilingkungan persawahan ataupun dihalaman rumah masyarakat dusun Lonnangkah.

Pengaduan

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan

Piliih Bahasa

Tentang Kami

Web ini merupakan laman web resmi desa Karang Anyar kecamatan Modung kabupaten Bangkalan. Web ini berisi tentang seluruh informasi desa Karang Anyar baik berupa kegiatan warga, informasi desa dan lain-lain.