Kepala Desa Karang Anyar

Kepala Desa dan Sekretaris Desa Karang Anyar

Bupati Bangkalan

Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan

Penyuluhan Pupuk Organik Cair

Aparatur Desa Karang Anyar

Malam Puncak Perpisahan

Dosen Pembimbing dan Koordinator Desa

Pelatihan Nugget Rebung Bambu

Warga Desa Karang Anyar

TERBARU
Loading...

TRADISI DESA KARANG ANYAR

Posted by Gaza-store Selasa, 31 Januari 2017 0 comments

Kegiatan masyarakat di desa Karang Anyar memiliki keberagaman dalam setiap kegiatannya, mulai dari proses, tata cara atau aturan sampai budayanya. Budaya di desa Karang Anyar sama seperti desa-desa yang lain, dusun yang ada di desa karang Anyar juga tidak ada perbedaan yang secara spesifik membedakan budayanya hanya dalam prosesnya ada perbedaan sedikit. Misalnya di dusun Lonnangkah dalam memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW. hampir setiap hari ada peringatan hari tersebut setiap warga mengadakan selamatan dirumahnya masing-masing dengan mengundang tetangga untuk berdoa bersama. Sedangkan di dusun Paser, Gerpaoran dan Manggungan tidak seperti yang dilakukan oleh dusun Lonnangkah. Dusun yang lain hanya memperingati satu hari saja dan berkumpul di masjid untuk doa bersama. 

Adapun tradisi yang ada di desa Karang Anyar, yaitu:
Ngoras Sungai
Ngoras sungai merupakan acara yang diadakan setiap tahun di salah satu dusun Karang Anyar yang mana bertempat di dusun Paser terdapat sumber mata air yang selalu mengalir. Pada acara ngoras sungai yang dilakukan oleh masyarakat yakni membersihkan tempat pemandian, bersih-bersih sampah dan bersih-bersih saluran air. Waktu pelaksanaan terdapat sesaji atau dalam bahasa Maduranya konjengan yang berisi tumpeng atau rasol, jajan, dan buah-buahan kemudian dilakukan doa bersama oleh masyarakat. Setelah berdoa sesaji atau konjengan tersebut dimakan bersama-sama dengan masyarakat yang ikut bersih-bersih tadi.


Kholan bhuju’ merupakan acara selamatan untuk menghormati tokoh masyarakat sudah meninggal dunia seperti para ulama desa. Selamatan ini selalu diperingati setiap tahunnya di mushola Kyai Abdul Ghani. Dalam peringatan ini terdapat tumpeng yang dibawa oleh masyarakat setempat yang kemudian dibagikan lagi ke masyarakat setelah do’a bersama. 


Selain budaya yang menjadi kegiatan masyarakat Karang Anyar adapula kegiatan lain yang dilakukan oleh masyarakat Karang Anyar yakni kegiatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Dalam memenuhi kebutuhan banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani karena sumber daya alamnya yang melimpah oleh karena itu disetiap dusun yang ada di Karang Anyar memiliki kelompok tani untuk memajukan pertanian dan perekonomian. Tanaman yang ditanam oleh petani didesa ini ada jagung, cabai, kacang tanah, dan padi selain itu ada juga buah sawo, nangka, bambo dan mangga. Hasil dari pertanian dijual langsung ke pasar oleh masyarakat Karang Anyar. Oleh karena itu tidak semua masyarakatnya berprofesi sebagai petani saja mereka juga berprofesi sebagai pedagang, entah itu berjualan di rumah, toko ataupun pasar Karang Anyar.

Selain menjadi petani, pedagang ada juga yang berprofesi sebagai nelayan seperti  masyarakat yang tinggal di dusun Paser. Letak dusun yang berdekatan dengan tepi pantai membuat peluang tersendiri bagi masyarakat dusun Paser. Ikan yang ditangkapnya ada sebagian yang dijual langsung dan ada juga yang dikonsumsi oleh masyarakat sendiri. Jumlah nelayan tidak sebanyak jumlah petani yang ada hanya bebberapa warga saja yang menjadi nelayan.
Selain itu ada juga masyarakat yang berprofesi sebagai perternak, hewan ternak yang dipelihara ada sapi, kambing, ayam ataupun bebek meskipun untuk ternak ayam dan bebek tidak disemua dusun yang ada di desa Karang Anyar ada.masyarakat yang membudidayakan hewan ternak tidak hanya orang dewasa saja akan tetapi pemuda di desa Karang Anyar juga ikut berperan. Peran masyarakat tidak berhenti sebagai petani, pedagang, nelayan, dan berternak saja ada juga yang sebagai pendidik. Ada beberapa masyarakat yang berprofesi sebagai guru yang mana sudah tersebar di setiap dusunnya entah itu sebagai pegawai negeri sipil didalam dunia pendidikan atau dalam dunia kepemerintahan.

Pengaduan

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan

Piliih Bahasa

Tentang Kami

Web ini merupakan laman web resmi desa Karang Anyar kecamatan Modung kabupaten Bangkalan. Web ini berisi tentang seluruh informasi desa Karang Anyar baik berupa kegiatan warga, informasi desa dan lain-lain.