Kepala Desa Karang Anyar

Kepala Desa dan Sekretaris Desa Karang Anyar

Bupati Bangkalan

Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan

Penyuluhan Pupuk Organik Cair

Aparatur Desa Karang Anyar

Malam Puncak Perpisahan

Dosen Pembimbing dan Koordinator Desa

Pelatihan Nugget Rebung Bambu

Warga Desa Karang Anyar

TERBARU
Loading...

POTENSI DESA KARANG ANYAR

Posted by Gaza-store Rabu, 01 Februari 2017 0 comments


Potensi di desa Karang Anyar ada berbagai macam akan tetapi yang paling berpotensi adalah sumber daya alamnya. Hasil dari pertanian di desa Karang Anyar begitu melimpah, ada jagung, padi, cabai, singkong dan lain sebagainya. Dari setiap dusun di desa Karang Anyar juga memiliki potensi sendiri-sendiri akan tetapi masih dalam dunia pertanian. Tanah dusun Paser berwarna merah sehingga hanya tanaman tertentu saja yang bisa di tanam di dusun ini seperti jagung, padi, kacang tanah, dan cabai. Di dusun Paser ini masyarakatnya menanam tanaman kacang tanah yang mana sebentar lagi akan datang masa panen. Selain itu ada juga sumber air yang selalu mengalir meskipun itu pada musim kemarau. Selain lahan pertanian di dusun ini juga ada sumber air yang dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar mandi, minum dan mencuci.


Setelah memasuki dusun Paser selanjutnya dusun yang kedua yakni dusun Lonnangkah. Dari namanya sudah bermakna kalau dusun tersebut juga berpotensi dalam bidang pertanian akan tetapi dalam hasil pertanian yang berbeda. Dusun Lonnangkah memiliki banyak pohon nangka yang mana pada musim sekarang tidak musimnya buah nangka berbuah. Buah nangka didusun ini memiliki banyak macamnya dan manis rasanya. Pemanfaat dari buah nangka sendiri masih kurang, kebanyakan nangka ini dijual langsung ke pasar yang terdekat dengan dusun.  Untuk tanaman pertanian petani di dusun Lonnangkah juga menanam jagung, singkong, cabai, padi dan sekarang didusun Lonnangkah sekarang musimnya panen kacang tanah.

Dusun yang ketiga setelah dusun Lonnangkah ada dusun Gerpaoran, yang mana dusun ini sama seperti dusun yang lainnya banyak tanaman hasil pertanian yang melimpah, tanaman yang ditanam juga sama seperti dusun yang lain ada tanaman padi, jagung, kacang tanah, dan cabai adapula pepohonan yang tumbuh di dusun ini ada pohon nangka, pohon mangga, pohon sawo, dan pohon jati. Semua tanaman yang ada tumbuh dengan subur didusun ini meskipun dalam musim kemarau karena di dusun ini memiliki sumber air yang cukup banyak sehingga ketika musim kemarau datang dusun ini tidak mengalami kekeringan.

Selain sebagai petani masyarakat di dusun Gerpaoran juga sebagai perternak hewan yakni hewan sapi, kambing dan ayam. Masyarakat yang berternak kebanyakan orang dewasa karena pemuda dan pemudinya banyak yang berkerja ke luar kota seperti kota Jakarta. Sumber daya alam yang memadai membuat masyarakat juga berprofesi sebagai pedagang entah pedagang sayuran ataupun hasil perkebunan yang lainnya.

Potensi didusun ini tidak hanya alam saja ada pula potensi yang dimiliki dari sumber saya manusianya. Anak-anak yang bersekolah di bangku sekolah dasar juga memiliki potensi untuk memajukan desanya selain membawa nama sekolahnya. Banyak pemuda-pemudi yang tidak hanya tamat sekolah dasar akan tetapi banyak juga yang melanjutkan ke tingkat SMP, SMA dan bangku kuliah.

Ke-empat ada dusun yang paling jauh yakni dusun Manggungan, dusun Manggungan ini terletak jauh dari ketiga dusun yang ada di Karang Anyar. Ketika hendak berkunjung ke dusun ini masyarakat harus melewati desa lain karena letaknya dusun memang jauh dari dusun Paser, Lonnangka, dan Gerpaoran. Potensi di dusun ini kurang mendukung dalam dunia pertanian karena daerah ini berupa bebatuan sehingga sulit untuk ditanami sayuran ataupun tanaman. Meskipun daerahnya bebatuan dusun ini terdapat pohon nangka yang tumbuh dengan subur.

Pengaduan

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan

Piliih Bahasa

Tentang Kami

Web ini merupakan laman web resmi desa Karang Anyar kecamatan Modung kabupaten Bangkalan. Web ini berisi tentang seluruh informasi desa Karang Anyar baik berupa kegiatan warga, informasi desa dan lain-lain.