Kepala Desa Karang Anyar

Kepala Desa dan Sekretaris Desa Karang Anyar

Bupati Bangkalan

Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan

Penyuluhan Pupuk Organik Cair

Aparatur Desa Karang Anyar

Malam Puncak Perpisahan

Dosen Pembimbing dan Koordinator Desa

Pelatihan Nugget Rebung Bambu

Warga Desa Karang Anyar

TERBARU
Loading...

PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET JAGUNG SEBAGAI OLAHAN PANGAN YANG BERNILAI EKONOMIS TINGGI

Posted by Adi Tiawarman Senin, 13 Agustus 2018 0 comments



Nugget merupakan  salah satu produk yang terbuat dari daging, yang pada umumnya terbuat dari olahan daging yang sudah di giling, biasanya berbentuk potongan segi empat serta dilapisi dengan bermacam tepung bumbu. Ada berbagai macam dan jenis yang dijual di pasaran. Nugget yang sangat terkenal dan pada umumnya dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah nugget ayam, sesuai namanya nugget tersebut bahan utama yang digunakan adalah daging ayam.

     
Selain nugget ayam, ada pula bahan lain yang bisa dibuat bahan pokok nugget yaitu salah satunya adalah jagung manis. Jagung adalah makanan pokok orang bagi madura, yang mudah di dapat di daerah madura manapun, jagung juga merupakan tanaman pangan di madura termasuk di desa karanganyar. Jagung merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak terdapat di Desa Karanganyar, sehingga sangat cocok untuk dimanfaatkan dan diolah menjadi bahan makanan yang dapat meningkatkan nilai ekonomis masyarakat, seperti nugget. Dalam jagung ini memiliki kandungan karbohidrad yang tinggi, antioksidan,serat, kalori, protein, mineral, lemak, vitamin A, zat besi, kalsium dan gula. Selain sebagai makanan pokok manusia jagung juga djadikan sebagai bahan pakan ternak yang penting, sebagai minyak makan, tepung maizena bahkan pada industri-industri kimia dan kosmetik serta farmasi. Manfaat yang di dapat bagi kesehatan ketika mengonsumsi jagung adalah:
1.      Mencegah penyakit Alzheimer
2.      Meningkatkan kesehatan mata
3.      Mencegah Anemia
4.      Memperlancar sistem pencernaan
5.      Menurunkan kadar kolesterol
6.      Mencegah penyakit kanker
7.      Merawat kesehatan kulit
Di desa karanganyar sendiri memiliki hasil pangan jagung yang lumayan banyak, bagi penduduk desa tersebut jagung hanya di jadikan makanan sehari-hari tanpa di olah sedemikian rupa, untuk itu pembuatan nugget jagung ini di jadikan salah satu program kerja olahan pangan kelompok 09 KKN universitas trunojoyo madura di daerah karanganyar. Sebagai salah satu produk yang bertujuan untuk memanfaatkan jagung muda yang belum di manfaatkan oleh warga desa karanganyar.
Dalam proses pembuatan nugget jagung diperlukan 1 kali percobaan dan dilanjutkan dengan 2 kali sosialisasi bagi warga karangayar. Sosialisasi pembuatan nugget jagung yang di laksanakan pada tanggal 22 Juli 2018 atau demo masak nugget jagung bagi warga desa karanganyar. Saat pelaksanaan sosialisasi, warga yang di undang adalah ibu-ibu PKK di setiap dusun ada kelompok PKK dan setiap PKK ada 3 orang perwakilan untuk menghadiri acara demo masak nugget jagung. Saat pelaksanaan demo masak warga sangat antusias untuk mengikutinya, banyak pertanyaan yang ditanyakan mengenai nugget dari jagung tersebut.
            Nugget jagung yang di buat pada acara demo masak ini merupakan resep yang sudah di tentukan sebelumnya, komposisinya adalah sebagai berikut:
Bahan:
-          Jagung manis 2 biji
-          Ayam 500 gram
-          Telur 1 butir
-          Wortel 3 batang
-          Bawang putih 3 siung
-          Bawang merah 5 siung
-          Lada bubuk 1 sachet
-          Masako 1 sachet
-          seledri
-          margarin
-          Minyak goreng
-          Tepung terigu 250 gram
-          Tepung tapioka 150 gram
Pelumar:
-          Telur 2 butir
-          Tepung panir
Cara membuat:
11.   Pipil jagung manis
22.   Kupas bawang merah dan bawang putih
33.   Blender jagung, bawang merah, bawang putih dan ayam yang sudah tidak ada tulangnya
44.    Kupas wortel kemudian potong kecil-kecil atau di parut
55.   Potong seledri kecil-kecil
66.   Campurkan bahan yang sudah di haluskan, wortel, seledri, tepung terigu, tepung tapioka, garam, telur 2 biji, penyedap rasa, lada dan tambahkan air secukupnya, lalu aduk sampai semua bahan rata.
77.      Panaskan dandang yang sudah diisi air
88.      Olesi loyang dengan mentega
99.      Masukan adonan kedalam loyang
110.  Lalu kukus adonan nugget sekitar 20 menit
111.  Setelah mateng ambil nugget dan dinginkan, kemudian dipotong sesuai selera
112.  Kocok 2 butir telur
113.  Masukan potongan nugget kedalam telur kemudian balur dengan tepung panir
114.  Goreng nugget sampai berwarna kuning keemasan lalu tiriskan.
Kendala yang di alami saat demo masak nugget jagung adalah waktu mengkukusnya cukup lama sampai ibu-ibu PKK tidak sabar menunggu dan ada sebagian ibu-ibu yang pulang terlebih dahulu sebelum semuanya selesai dan kendala selanjutnya setelah adonannya matang masih tetap lembek, kurang tepung terigu waktu pencampuran adonannya dan ayamnya terlalu halus waktu di blender sehingga kurang terasa ayamnya.
Solusi yang diberikan adalah adonan yang baru dicampur tambahi tepung terigu lagi dan ayamnya jangan terlalu halus waktu di blender.

Pengaduan

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan

Piliih Bahasa

Tentang Kami

Web ini merupakan laman web resmi desa Karang Anyar kecamatan Modung kabupaten Bangkalan. Web ini berisi tentang seluruh informasi desa Karang Anyar baik berupa kegiatan warga, informasi desa dan lain-lain.